MENGENALI PROSES BISNIS DI BIDANG TJKT
PROSES BISNIS DI BIDANG TEKNIK
JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Zaman sekarang ini adalah jaman modern, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, mulai membayar semua tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, tv berbayar, listrik, pam dan lain-lain, cukup dengan menggunakan m-banking, dan semua bisa dilakukan dengan cara online. Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita.Teknologiinformasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.Teknologinformasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan.
A. PROSES BISNIS PADA BIDANG TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Proses bisnis adalah sekumpulan aktifitas yang memang dirancang untuk menyelesaikan tujuan tertentu dalam sebuah organisasi seperti pelanggan dan pasar karakteristik nya seperti : memiliki tujuan, memiliki input tertentu, memiliki output, menggunakan sumber daya, memiliki sejumlah aktifitas yang dilakukan dalam suatu urutan, dapat mempengaruhi lebih dari satu unit organisasional, menciptakan suatu nilai untuk konsumen. Definisi diatas menegaskan akan pentingnya aspek bagaimana sebuah produk dikerjakan dalam sebuah organisasi, bertolak belakang dengan fokus yang menekankan pada aspek apa yang produk yang dikeluarkan. Teknologi informasi menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan-tekanan. Bisnis menghadapi tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih modern komputer sendiri memiliki beberapa bagian yang berbeda.
1. Hardware adalah komponen penting yang digunakan untuk bisa memasukan segala bentuk data kemudian disusun menjadi sebuah informasi, semua itu dapat dilakukan melalui input device dan output device.
hardware pun memiliki beberapa komponen,
contohnya :
a. CPU
b. Memory
c. media penyimpanan
2. software Adalah program yang mengendalikanoperasi dari hardware komputer untuk melakukan
proses pengubahan data menjadi informasi
Komponen yang ada dalam teknologi informasi :
a. Data
Data adalah fakta mentah yang tidak
terorganisasi.
b. Informasi
Informasi adalah data yang terorganisir memiliki
makna.
c. System
System adalah komponen–komponen yang
berinteraksi untuk mencapai tujuan Bersama
d. Komputer
Komputer adalah peralatan elektronik yang
beroperasi dibawah instruksi yang terkontrol yang
tersimpan pada memory alat tersebut.
Ada banyak sekali proses bisnis dalam dalam bidang
Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, hal ini
bertujuan untuk lebih mengembangan kemampuan baik oleh perusahaan ataupun perseorangan. Berikut adalah
beberpaa alasan proses bisnis di bidang Teknik jaringan
komputer dan telekomuniaksi.
1. Mempermudah Cara Komunikasi
Salah satu contoh alsan bisnis pada bidang Teknik
Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah
mempermudah cara komunikasi, contohnya adalah
email sebagai sarana utama berkomunikasi antara satu
orang dengan yang lainnya. Email adalah salah satu
pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat
mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan
dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama
bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga
berkembang, yang memungkinkan seseorang untuk
saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat
(chatting), alat pertemuan online dengan sistem
konferensi video seperti webinar, Voice over internet
protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
2. Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, kita hanya membutuhkan satu klik
dan semua informasi sudah tersedia di depan mata kita.
Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh
mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis
yang sedang kita kelola. Selain itu kita dapat dengan
mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor kita.
3. Manajemen Data
Zaman dulu dan sekarang sangatlah berbeda, dulu
deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen
misalnya sebuah perusahaan sekarang sudah tidak
terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan,
dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar
perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada
server dan perangkat penyimpanan. Dokumendokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua
orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis
mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan
memelihara sejumlah besar data historis secara
ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung
dokumen yang mereka butuhkan
4. Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data
yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan
progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari
proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis
dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
memungkinkan perusahaan untuk melacak data
penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini
dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu
ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan
mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer
dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap
angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan
meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi
biaya item.
5. Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki
cara mereka merancang dan mengelola hubungan
terhadap pelanggan. Customer Relationship
Management (CRM) adalah sebuah sistem yang dapat
menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para
pelanggan, sehingga terdapat data kronologis
pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkankarena data
record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi
call center karena mendapatkan masalah, mengenai
informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan
adanya CRM staff perusahaan dapat segera
memberitahukan keberadaan barang pesanan
pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam
sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena
mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini
memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga
dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap
produktivitas.
6. Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi
sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko
offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh
ruang dan waktu.
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu
pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar
memanfaatkan kemajuan tersebut. Khususnya dalam
bidang Teknologi Informasi, para pelaku IT dapat
memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya.
Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana ada
banyak persaingan untuk dapat terus berkembang.
Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan
yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat
banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi
informasi, sangat jelas kalau kita akan sangat membutuhkannya.
- Pertama, sebuah perusahaan atau instansi melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang saat ini dibutuhkan atau apa yang diinginkan pasar.
- Setelah penelitian yang sebenarnya dilakukan, perusahaan mulai mencari bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
- Setelah Anda memperoleh bahan atau alat yang sesuai, mulailah mengembangkan situs web penjualan.
- Jangan lupa lakukan riset pengguna untuk mengetahui reaksi audiens.
- Ketika ada masukan, lakukan perubahan atau revisi halaman penjualan. Mulailah dengan membuka halaman penjualan.
- Kita perlu mengetahui desain apa yang diinginkan pasar/masyarakat/pelanggan.
- Bertemu dengan klien untuk mendiskusikan desain yang diusulkan.
- Kemudian kami mengimplementasikan atau mengumpulkan bahan-bahan yang akan mendukung desain yang akan dihasilkan.
- Setelah itu, setiap model yang dibuat dapat diberi makna tersendiri jika memungkinkan. Dimungkinkan untuk meminta persentase DP tertentu.
- Mengadakan pertemuan dengan klien tentang hasil yang dicapai.
- Jual desain dan untung.
- Pertama, sebuah perusahaan atau instansi melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang saat ini dibutuhkan atau apa yang diinginkan pasar.
- Setelah penelitian yang sebenarnya dilakukan, perusahaan mulai mencari bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar. Setelah mendapatkan bahan atau alat yang sesuai, mulailah mengembangkan aplikasi seluler sesuai dengan pasar yang diberikan.
- Jangan lupa lakukan riset pengguna untuk mengetahui reaksi audiens.
- Ketika ada masukan, lakukan perubahan atau revisi halaman penjualan.
- Memulai: Luncurkan aplikasi seluler.
- Pasarkan di Playstore atau App Store.
Comments
Post a Comment